Ada baiknya anda ikuti beberapa tips dibawah ini mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan lebih teratur pada mobil keluarga anda, selain untuk menjaganya supaya tetap prima, juga baik untuk keuangan anda karena tak perlu sering-sering ke bengkel untuk service ringan.

1. Cek Kondisi Ban

Terutama saat anda sering menggunakannya untuk perjalanan jauh maka kondisi ban yang tipis akan sangat berbahaya untuk keselamatan anda. Lebih mudahnya usahakan mengganti ban secara teratur untuk setiap penggunaan sejauh 5-8 ribu kilometer. Cek juga Tekanan Angin Ban (TAB), sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan yang biasanya tertera pada buku manual kendaraan Anda. Tekanan angin ban merupakan salah satu faktor penting keselamatan, jadi setidaknya 1 bulan sekali harus anda periksa.

Bersihkan pula bagian brake-dust, kondisi kotor, panas dan dingin secara berkesinambungan dapat menyebabkan rem tidak berfungsi dengan baik.

2. Periksa kondisi Mesin

Ganti oli dan cairan mesin secara berkala, jangan sampai mesin mudah aus akibat tidak adanya oli dan cairan mesin yang berfungsi sebagai pendingin. pakailah oli mesin yang direkomendasikan oleh bengkel resmi mobil anda, karena setiap merk memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. penggunaan oli maupun cairan mesin yang salah dapat menyebabkan mesin mudah mogok bahkan rusak.

Ganti juga sabuk mesin (belt) setiap penggunaan sejauh 25 ribu mil, hal ini sangat penting karena sabuk mesin adalah bagian yang pertama kali menghadapi kondisi ekstrem di luar ruangan.

3. Cek Elektrikal Mobil

Sebelum memeriksa bagian elektrikal mobil hendaknya lepas baterai dan putuskan aliran aki terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya konsleting. Baca petunjuk pada buku panduan anda sebelum memutuskan untuk mengganti atau memperbaiki sendiri, pemasangan yang salah akan menimbulkan kerusakan pada elektrikal mobil anda.

4. Gunakan Bahan Bakar Yang Dianjurkan.

Penggunaan bahan bakar disesuaikan dengan kebutuhan mesin anda, tergolong tipe apakah mobil yang anda gunakan, apakah soft, medium atau hard? Biasanya pada buku panduan sudah dituliskan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai. Usahakan juga melakukan pengisian yang teratur, karena dapat mencegah terjadinya keropos pada tangki bahan bakar anda.

5. Periksa kondisi lampu.

Lampu adalah bagian penting terutama untuk anda yang sering berkendara dimalam hari, periksa apakah masih berfungsi normal. Bila salah satu lampu sen Anda berkedip lebih cepat dari seharusnya, artinya ada lampu yang pecah di dalam. Lampu semacam ini mudah diganti, cukup Anda cari di toko otomotif terdekat.

Bila Anda menggantinya sendiri, jangan pernah sentuh bagian kacanya. Tangan Anda akan menyisakan minyak dan lemak. Bagian ini akan bereaksi dengan halogen yang terdapat di dalam bohlam. Akibatnya, bohlam bisa pecah ketika Anda menyalakan mesin.

Cek juga Warning Light, Meski terlihat sepele, warning lights yang ada di dashboard harus terawat. Lampu seperti indikator bensin, aki, atau panasnya mesin, sangat membantu Anda dalam perawatan. Pastikan saja semua lampu tersebut berfungsi dan menyala sesuai kegunaannya.

Advertisements